Tips Dan Trik Mencegah Begal Saat Di Mobil

Mencegah Begal Saat Di Mobil – Aksi begal kian marak belakangan ini. Bukan saja motor, mobil pun jadi incaran para begal. Sejumlah kasus begal mobil banyak diberitakan di media-media. Modusnya sangat beragam, berusaha mengelabui pengendara mobil yang lengah. 

Misalnya saja pura-pura minta tolong atau tanya alamat, sehingga pengendara terpancing membuka jendela mobil. Begitu jendela dibuka, sang begal langsung menodongkan senjata tajam. 

Modus lain, pelaku beraksi seolah tertabrak, lalu korban percaya dan turun dari mobil. Saat itulah pembegal dibantu komplotannya beraksi merampok korban. Cukup mengerikan bukan aksi para begal mobil? Tak kalah horornya dari para begal motor. 

Itulah pentingnya memastikan mesin mobil selalu dalam kondisi prima, sehingga bisa menghindari aksi begal. Mobil yang ringan digas, dan entengnya tahan lama, bikin Anda dengan mudah tancap gas ketika para begal mengintai.

 

Mencegah Begal Saat Di Mobil

Ada sejumlah langkah yang dapat dilakukan demi menghindari aksi begal. 

Apa saja itu? Ini dia:

  • Waspada di lampu merah

Lampu merah terkenal sebagai lokasi tempat begal beraksi. Mobil dalam keadaan berhenti, membuat para kriminal dengan mudah melakukan aksinya. Cari tahu informasi lampu merah mana saja yang rawan begal. Usahakan bersikap ekstra waspada sewaktu berhenti di lampu merah. Pastikan pintu dan jendela terkunci rapat. Jangan lengah, hindari bermain gadget atau bertelepon. Selama mobil berhenti, amati sekitar dan gerak-gerik orang yang mendekat. 

 

  • Waspada saat macet parah

Ketika mobil terjebak macet parah, kita akan berhenti dalam waktu lumayan lama. Hati-hati, kalau lengah maka Anda jadi incaran para kriminal. Pastikan pintu dan jendela terkunci rapat. Sama seperti di lampu merah, jangan lengah dengan keadaan sekitar.

 

  • Fokus berkendara dan share informasi

Berkendaralah dengan fokus, tanpa tergoda bermain gadget dan bertelepon. Tidak melamun atau mengantuk. Atur kecepatan dengan stabil, tidak sedikit-sedikit melambatkan mobil. Share informasi perjalanan Anda dengan teman atau keluarga, agar mereka tahu posisi Anda. Jika Anda hendak melalui daerah rawan begal atau sepi, share location di WhatsApp. Sama seperti saat dalam kondisi berhenti, selalu waspada di perjalanan. 

 

  • Siapkan perlengkapan bela diri

Selalu sediakan perlengkapan untuk membela diri. Tidak perlu senjata api atau senjata tajam, cukup benda keras seperti pemukul bola kasti, pentungan, atau pepper spray. Letakkan di tempat yang mudah dijangkau saat berkendara, seperti bawah dashboard atau laci dashboard. Semoga alat-alat itu tidak perlu dipakai, namun siapa yang tahu? Sedia payung sebelum hujan adalah langkah bijak.

 

  • Siapkan stamina mobil

Seperti diulas sekilas tadi, pastikan mesin mobil selalu dalam stamina bagus. Rawat secara berkala, seperti ganti oli dengan oli berkualitas seperti oli X-TEN, agar tarikan mobil entengnya tahan lama.

Mengapa bisa entengnya tahan lama, karena kandungan ester yang ada dalam oli X-TEN mempunyai fungsi untuk membersihkan sisa-sisa kerak yang ada dalam mesin. Selain itu oli X-TEN juga mampu menjaga kestabilan suhu mesin, sehingga tidak terjadi overheat alias panas yang berlebihan. Dengan mesinnya bersih dan suhunya stabil, secara otomatis tarikan mesin entengnya tahan lama.

Cek juga kondisi ban, setir, rem, karburator, dan semua komponen penting lain. Jangan sampai mobil mendadak mogok di tengah jalan, sebab berpotensi menjadi incaran begal. 

Demikian tadi langkah-langkah yang dapat dijalankan demi mencegah begal mobil. Intinya, kejahatan dapat terjadi kapan saja, di mana saja. Kita lah yang harus selalu siaga mengantisipasinya. Selamat berkendara, semoga selamat sampai di tujuan.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top