Penjelasan Perbedaan Mobil LCGC, MPV, Dan SUV

Perbedaan Mobil LCGC, MPV, Dan SUV – Di dunia otomotif, sama seperti motor, mobil pun dikategorikan dalam beberapa jenis. Biasanya kategori ini berdasarkan kapasitas, kemampuan mesin, serta fungsinya. Kalau dalam motor ada motor bebek, matic, dan sport, maka mobil pun punya jenis-jenisnya. 

Kita pasti tak asing dengan istilah LCGC, MPV, dan SUV. Semua jenis mobil ini, sama seperti motor, perlu perawatan khusus agar mesinnya tahan lama. Sudah tahu perbedaan antara ketiganya? Ayo kita kupas satu-satu.

 

Perbedaan Mobil LCGC, MPV, Dan SUV

  1.   Low Cost Green Car (LCGC)

Bisa dibilang mobil ini jenis yang harganya relatif terjangkau, karena pajaknya rendah, tidak masuk dalam pajak mobil mewah. Kapasitas mesinnya kecil, antara 1.000-2.000 cc, harus rendah emisi, hemat bahan bakar. Namun seiring waktu, LCGC kian banyak peminatnya, sehingga harganya tidak lagi semurah saat awal-awal dirilis pada 2013. 

Desain dan keandalan mesinnya pun semakin bagus, bersamaan dengan variannya yang kian beragam. Toyota Calya, Datsun Go Panca, dan Suzuki Karimun masuk dalam kategori LCGC namun berkonsep Multi Purpose Vehicle (MPV) atau mobil keluarga. 

Sedangkan Honda Brio Satya dan Toyota Agya berkonsep City Car, yaitu mobil kecil yang banyak dipakai di perkotaan. Apakah LCGC setangguh mobil kebanyakan yang kapasitas mesinnya tinggi? Bisa, kalau dirawat dengan baik, misalnya rutin mengganti oli dengan oli berkualitas agar mesinnya tahan lama.

 

  1.   Multi Purpose Vehicle (MPV)

Sesuai namanya, mobil jenis ini punya fungsi beragam. Karena luas, daya tampungnya banyak, MPV identic dengan mobil keluarga. Bisa juga menjadi mobil travel yang dibisniskan, seperti disewakan. Bahkan dapat menjadi pengangkut barang kalau jok belakangnya dilipat. 

Maka di beberapa negara mobil jenis MPV disebut juga dengan istilah wagon. Kapasitas mesinnya lebih besar dari LCGC, yaitu di atas 1400cc. Harga dan kebutuhan bahan bakarnya juga di atas LCGC, karena daya tampungnya lebih besar juga. Toyota Avanza, Toyota Innova, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Wuling Cortez, All New Nissan Livina, dan Mitsubishi Xpander masuk kategori MPV.

 

  1.   Sport Utility Vehicle (SUV)

Inilah kategori mobil yang paling tangguh, dengan pemakaian bahan bakar di atas rata-rata, dan kapasitas mesin tinggi. Mampu diajak melintasi medan berat seperti jalanan yang tidak rata, jalan penuh bebatuan, kaki gunung, bahkan menanjak bukit-bukit. Rata-rata kapasitas mesinnya antara 1.400-2.500cc, dengan desain gagah untuk menunjang keandalan mesinnya. 

Jarak antara bodi mobil ke tanah cukup tinggi, agar mampu berjalan di medan berat. Umumnya SUV  punya opsi penggerak 4×4, walau tetap ada tipe yang berpenggerak 4×2. Honda CR-V, Toyota Fortuner, Toyota Rush, Mitsubishi Pajero Sport, Daihatsu Terios, Wuling Almaz, DFSK Glory 560, Hyundai Santa Fe, Hyundai Kona, dan Mazda CX5 masuk dalam kategori ini. Karena keandalan dan fungsinya di atas LCGC dan MPV, otomatis harganya pun di atas dua jenis mobil itu. Dan pemakaian bahan bakarnya juga dapat dikatakan lebih boros. 

Ketiga kategori mobil tadi, baik LCGC, MPV, maupun SUV, sama-sama memerlukan perawatan berkala agar mesinnya tahan lama. Setelah memutuskan memiliki mobil kategori yang mana, Kalian juga harus memastikan oli apa yang akan Kalian gunakan sebagai pelumas mobil Kalian.

Kalau Kalian masih bingung, mungkin ada baiknya Kalian memilih oli berbahan ester seperti yang dipunyai oli X-TEN. Sebab kandungan ester yang ada dalam oli X-TEN dapat memproteksi mesin mobil Kalian agar mesinnya tahan lama. 

Dengan kemampuan cleaning yang baik terhadap kerak-kerak yang menempel pada mesin, oli berbahan ester dari X-TEN ini mampu menjaga mesin tetap bersih. Bahkan oli ini bisa menekan tingkat keausan mesin hingga hanya 10-15 persen saja. Dengan mesin yang bersih juga akan membuat tarikan mobil Kalian entengnya tahan lama dan mesinnya tahan lama. Jadi ingat, jangan salah pilih, pastikan Kalian mendapatkan oli terbaik untuk kendaraan kesayangan Kalian.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top