5 Trik Hemat Bensin Mobil Saat Road Trip

Trik Hemat Bensin Mobil – Berkendara jauh alias road trip dengan mobil jadi tren sejak pandemi. Karena kendaraan umum antar kota serba dibatasi kapasitasnya, maka road trip semakin diminati. Biasanya dilakukan bersama keluarga, atau komunitas. 

Bisa solo, bisa touring ramai-ramai. Bahkan road trip menjadi lahan bisnis tersendiri bagi sebagian kalangan, dengan menyewakan mobilnya atau menawarkan jasa driver. Road trip antar kota bahkan antar provinsi dan pulau pasti memerlukan banyak bahan bakar. Bagaimana agar dapat lebih hemat dan ekonomis?

 

Trik Hemat Bensin Mobil

Ada trik-trik yang dapat diaplikasikan:

  • Kurangi beban mobil

Road trip beramai-ramai memang asik, tapi jangan bawa beban terlalu banyak. Batasi jumlah penumpang, juga barang bawaannya. Cukup barang-barang yang penting saja, seperti pakaian seperlunya. Bobot bagasi yang terlalu berat akan menyerap lebih besar bahan bakar ketika mobil melaju.

 

  • Atur suhu AC

Suhu AC tidak perlu selalu sangat dingin, cukup sesuaikan dengan cuaca sekitar. Semakin dingin suhu AC, semakin besar pula bahan bakar yang dibutuhkan. Hindari terlalu sering mematikan dan menyalakan AC berkali-kali, sebab energi yang dibutuhkan setiap kali menyalakan AC pun sangat tinggi. Sesekali boleh juga mematikan AC ketika suhu di luar dingin dan memungkinkan membuka jendela. Selain hemat bahan bakar, bagus juga menghirup udara segar, bukan?

 

  • Pilih bahan bakar yang berkualitas

Bahan bakar dengan oktan tinggi membuat proses pembakaran lebih bersih, sempurna, membuat mesinnya tahan lama. Otomatis pemakaiannya pun lebih hemat, sebab lebih efisien. 

 

  • Pakai oli Berkualitas 

Pastikan sudah melakukan ganti oli berkala sebelum melakukan road trip. Pakai oli berkualitas bagi mobil Anda. Misalnya oli X-TEN yang berbahan ester, sebab selain punya masa pakai panjang alias olinya tahan lama, mencapai 15.000 kilometer untuk mobil. Dengan memakai oli berkualitas, kinerja mesin mobil lebih lancar, sehingga bahan bakar pun irit. 

Oli X-TEN ini mampu mengurangi gesekan mesin, hingga 5-10 persen saja sehingga kerja mesin lebih ringan dan entengnya tahan lama, dan pada akhirnya semua akan berimbas pada berkurangnya pemakaian bahan bakar. 

Oli berkandungan bahan ester ini juga mampu menstabilkan suhu mesin saat road trip, bikin mesin tahan lama. Jadi pastikan Anda memakai oli berkualitas dari X-TEN ya. 

 

  • Periksa tekanan ban

Ban mobil yang tekanan anginnya tidak sesuai akan membuat tarikan menjadi berat. Mesin kendaraan pun bekerja ekstra keras, berdampak pada semakin terkikisnya bahan bakar. Selain membuat boros bahan bakar, kondisi ban yang kurang baik akan membuat perjalanan terganggu, bahkan mengakibatkan kecelakaan. Tentu kita tidak ingin ini terjadi. Maka pastikan bahwa ban Anda sudah benar-benar siap untuk perjalanan.

 

Itu tadi beberapa trik yang dapat dilakukan agar road trip dengan mobil bisa hemat bahan bakar. Selamat berkendara.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top