5 Tips Berkendara Mobil Pick Up Yang Aman

Tips Berkendara Mobil Pick Up – Bisnis ekspedisi barang kian marak di masa pandemi ini. Maklum, orang lebih banyak yang Work From Home (WFH), sehingga belanja online pun makin diminati. Mulai dari belanja makanan, pakaian, perlengkapan elektronik, hingga perabotan rumah tangga, semua dipesan online, dan langsung diantar ke rumah. Tidak heran kalau penyedia jasa angkutan barang juga semakin bertambah. Ibaratnya, ini bisnis yang tidak ada matinya. 

Pengiriman barang biasanya memakai mobil jenis pick up, atau populer juga disebut mobil bak. Mobil jenis ini ada dua macam, mobil bak terbuka dan tertutup, sesuai fungsinya. Membawa mobil pick up tentunya beda dengan membawa mobil penumpang biasa. Karena difungsikan sebagai pengangkut barang, maka butuh perhatian khusus agar entengnya tahan lama. Gaya berkendaranya pun beda, terasa lebih menantang. 

 

Tips Berkendara Mobil Pick Up

Apa saja yang perlu diperhatikan agar Anda aman dan nyaman berkendara mobil pick up?

  • Pastikan oli sudah diganti

Mengangkut barang terasa lebih berat ketimbang membawa penumpang. Mesin mobil bekerja lebih keras pula. Pastikan sudah melakukan perawatan ganti oli rutin, dengan oli berkualitas agar pelumasan terjadi dengan sempurna. Mesin yang dilumasi oli berkualitas tinggi seperti oli X-TEN maka tarikan mesin entengnya tahan lama. Tapi jika tidak menggunakan oli berkualitas, tentu laju kendaraan Anda akan terseok-seok.

Mengapa harus X-TEN? Ini pertanyaan menarik, sebab X-TEN mengandung bahan base oli tertinggi yang bernama ester. Bahan ini biasanya ada di mobil atau motor balap, namun PT Surganya Motor Indonesia memakai bahan oli ester ini sebagai bahan oli untuk kendaraan biasa. Kandungan ester yang ada dalam oli X-TEN bisa membersihkan mesin dari kerak-kerak yang menempel sehingga akan membuat mobil terasa tarikannya enak dan entengnya tahan lama. Dengan begitu, proses pengantaran jadi lebih nyaman, lancar, dan tidak terancam ngadat di jalan.

  • Pahami dimensi dan kapasitas mobil

Mobil pick up biasanya lebih luas dibanding mobil berpenumpang. Pahami panjang, lebar, dan tingginya. Ini penting agar Anda sebagai pengendara bisa mengira-ngira radius putarnya saat melakukan manuver, berbelok, memarkir mobil, dan sebagainya. 

Jangan sampai terjebak di jalanan sempit. Pahami juga kapasitas maksimal muatan, agar mesin mobil tidak bekerja terlalu berat. Perhatikan ini kalau Anda ingin mobil entengnya tahan lama.

  • Perlahan melepas kopling

Pada mobil pick up hanya tersedia transmisi manual. Pengendara memakai pedal kopling setiap kali mengubah posisi gigi. Saat melepas pedal kopling, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Lepaslah secara perlahan-lahan. Begitu mobil maju, baru digas sedikit-sedikit hingga kecepatan yang diinginkan. Kenapa? Sebab mobil pick up memakai settingan torsi mesin yang besar, agar kuat melaku walau diisi dengan beban berat.

  • Waspadai tanjakan

Karena bobot angkutan cukup besar, pengendara wajib mewaspadai jalan menanjak. Berbeda dengan mobil biasa, membawa mobil pick up perlu persiapan khusus saat akan menanjak. Istilahnya, harus ambil ancang-ancang dulu. 

Turunkan posisi gigi dulu, kemudian tambah tekanan pada pedal gas agar mobil dapat tetap melaju di tanjakan. Jika terjadi hal yang tak diinginkan, yaitu mobil tersendat di tengah tanjakan, segera turunkan lagi posisi gigi sampai gigi satu.  Secepatnya ganti posisi gigi agar tidak kehilangan momentum, lalu tambah tekanan pada gas. Mobil akan perlahan naik hingga jalanan landai. Setelah itu baru bisa oper ke gigi lebih tinggi.

  • Saat belok dan putar balik

Perlu keahlian khusus untuk berbelok dan putar balik ketika mengendara pick up. Selalu butuh ancang-ancang dulu. Contohnya, saat mau belok ke kanan,  maka beberapa meter sebelum belokan Anda belok dulu sedikit ke jalur sebelah kiri. 

Berlaku pula untuk sebaliknya. Jangan lupa memperhatikan posisi gigi saat akan putar balik. Melambatkan laju mobil sebelum berbelok dengan menginjak pedal rem sedikit,  kemudian geser posisi transmisi ke gigi yang lebih rendah. Hindari mengoper gigi transmisi berbarengan ketika berbelok. Hal itu akan mengganggu  konsentrasi antara memutar setir, menurunkan posisi gigi, dan mengatur pedal kopling.

Nah, sudah siap mengantarkan barang pesanan pelanggan? Jangan lupa untuk rajin merawat mesin mobil, agar entengnya tahan lama. Sebab membawa mobil pick up sudah berat, sebaiknya tarikannya dibuat enak saja agar pengendara tidak cepat lelah.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top