5 Tips Ampuh Menghindari Begal Di Jalan Tol

Tips Ampuh Menghindari Begal – Kasus begal alias perampokan di jalan raya, bukan saja mengincar motor, melainkan juga mobil. Sudah cukup banyak berita tentang kasus begal mobil. Mulai dari yang modusnya sederhana, yaitu menodong pengendara secara langsung dari jendela. Sampai modus berpura-pura tertabrak atau menyenggol kaca spion agar korban terperdaya dan dirampok. Tak kalah horor, kasus begal dilakukan di jalan tol. Lokasi ini dipilih karena sepi, dan dianggap tidak ada pengendara mobil lain yang berhenti dan akan menolong korban.

 

Tips Ampuh Menghindari Begal

Bagaimana agar Anda terhindar dari aksi begal di jalan tol yang mengerikan itu? Ini tips yang bisa Anda ikuti:

  • Hindari berkendara di malam hari

Kalau tidak ada urusan mendesak, lebih baik tidak berkendara di malam hari di lokasi rawan. Jalan tol menjadi salah satu daerah rawan begal, sebab suasananya sepi, dan jarang ada mobil lain melintas. Kalaupun ada, dalam kecepatan penuh, sehingga kecil kemungkinan akan mengenali adanya aksi begal.

Maka sebaiknya usahakan Anda melakukan perjalanan di siang hari, agar Anda juga bisa terhindar dari bahaya pembegalan.

  • Selalu waspada

Kalau terpaksa sekali haus berkendara di malam hari melalui daerah rawan seperti tol, maka berkendaralah dengan waspada. Ajak orang lain untuk mendampingi, sehingga kewaspadaan bisa ditingkatkan. Berkendara secara fokus, melaju dalam kecepatan stabil, tidak terdistraksi oleh hal lain seperti bermain gadget atau merokok, atau mengobrol yang tidak perlu. 

Pastikan juga pintu dan jendela mobil sudah terkunci dengan baik. Jika ada pihak yang coba menghentikan laju kendaraan, tak perlu digubris, jalan saja terus. Tingkatkan kecepatan kendaraan segera untuk meninggalkannya. Modus pura-pura minta tolong adalah salah satu yang paling banyak dipakai oleh para begal.

  • Berbagi informasi 

Kabari ke keluarga atau teman mengenai posisi Anda, melalui jalan mana saja, dan hendak ke mana. Pakai fitur share location di WhatsApp agar pihak keluarga bisa memastikan posisi Anda.

 

  • Siapkan langkah darurat

Sediakan semua peralatan darurat yang dapat dipakai ketika terjadi gangguan perjalanan, seperti ban serep, dongkrak, pepper spray untuk orang yang berniat jahat, bahkan kalau perlu senjata untuk bela diri. 

Siapkan nomor darurat yang dapat dengan mudah dihubungi ketika terjadi sesuatu, misalnya mobil mendadak mogok, atau ada orang yang menghalangi perjalanan. Lebih bagus lagi jika punya nomor kontak polisi atau kontak darurat patroli jalan tol. 

  • Pastikan mesin mobil dalam kondisi baik

Mobil akan melaju lancar apabila mesin dalam kondisi bagus. Caranya dengan melakukan perawatan secara berkala. Salah satunya dengan mengganti oli sebagai salah satu perawatan penting.

Ingat jangan asal mengganti oli mobil, tapi pastikan bahwa oli mobil berkualitas yang Anda gunakan. Sebab jika oli abal-abal, tak akan bisa membuat mobil Anda entengnya tahan lama. 

Pakailah oli berkualitas merek X-TEN, sebab olinya tahan lama, yaitu 15.000 kilometer. Ingat hanya Oli X-TEN yang punya masa pakai sejauh itu, sementara oli lain paling hanya mampu dipakai hingga 5000 km. 

Tak hanya itu, oli berkualitas dari X-TEN ini akan bikin mesin tahan lama dan tarikan mesin jadi entengnya tahan lama. Karena kandungan ester dalam oli X-TEN membuat tarikan gas entengnya tahan lama, serta mobil akan nyaman dipakai di jalan tol. Sehingga Anda bisa terhindar dari aksi begal, sebab tidak perlu mengalami mogok atau laju mobil tersendat.

Demikian tadi tips yang bisa dipraktekkan demi bisa menghindari aksi begal di jalan tol. Intinya, siapkan fisik dan psikis Anda. Dan jangan lupa merawat mobil agar terhindar dari mogok di tengah jalan yang bikin Anda berisiko jadi incaran begal.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top