5 Penyebab Mobil Mati Mendadak Di Jalan

Penyebab Mobil Mati Mendadak – Inilah mimpi buruk para pengendara mobil sedunia, mobil mogok mendadak. Sangat tidak lucu kalau kita sedang dikejar deadline pekerjaan, atau ada keperluan penting, tiba-tiba saja mobil ngadat di tengah jalan. 

Masih untung kalau mogoknya di tempat yang ramai, sehingga bisa meminta pertolongan orang sekitar untuk meminggirkan agar mendorong mobil. Kalau mogok terjadi di tengah jalan tol atau tempat sepi, tentu lebih bikin panik. Sebab itu daerah rawan kejahatan. Bukannya ditolong orang, Anda justru bisa jadi target para kriminal.

Penyebab Mobil Mati Mendadak

Tenang, perlu Anda ketahui bahwa mobil mogok mendadak disebabkan oleh beberapa hal. Apa saja itu?

  • Overheat atau panas berlebihan

Mesin terlalu panas atau overheat jadi salah satu faktor pemicu mogok mendadak. Biasanya karena jumlah air radiator berkurang atau habis. Panas berlebihan juga bisa karena mesin sudah aus akibat oli belum diganti. Atau sudah diganti namun memakai oli yang tidak bisa menstabilkan suhu mesin. Maka pilihlah oli yang mengandung ester agar suhu mesin terjaga, dan mesinnya tahan lama.

  • Aki Rusak

Faktor lain yang umum terjadi adalah kerusakan pada aki. Saat mogok mendadak, periksa kondisi aki. Biasanya kabel aki kendor pada terminal plus atau minus. Mungkin juga memang masa pakai aki sudah habis. Penyebab lain, aki sudah soak alias tidak layak pakai.

 

  • Alternator Rusak

Tidak terlalu jauh dari aki, ada pula masalah pada alternator. Yang dimaksud alternator adalah penyuplai atau penyalur listrik ke aki. Ketika terjadi gangguan pada bagian ini, maka aki tidak berfungsi. Contohnya gulungan kawat tembaga putus, diode putus, atau kabel berkarat. Umumnya ini terjadi kalau usianya sudah terlalu tua, di atas lima tahun. 

 

  • Oli Habis

Pemicu mogok mendadak pada mobil lain adalah habisnya oli. Inilah pentingnya perawatan ganti oli secara berkala, untuk mengecek apakah oli masih ada atau masih layak dipakai. 

Indikator habisnya oli bisa dilihat dari kadar oli yang tersisa. Oli berfungsi sebagai pelumas pada mesin kendaraan, agar tidak terjadi gesekan secara langsung. Kalau sudah habis atau tak layak, maka gesekan jadi panas dan mesin pun rusak. 

Agar mesinnya tahan lama, rajinlah melakukan ganti oli secara berkala. Pakailah oli berkualitas yang masa pakainya lama, seperti oli X-TEN yang olinya tahan lama dan dapat mencapai 15.000 kilometer pada mobil.

Tak cuma olinya tahan lama, namun oli X-TEN yang mengandung ester ini bisa membersihkan mesin dari sisa-sisa kerak pembakaran yang akan berimbas pada tarikan mesin jadi entengnya tahan lama. Tak cuma itu kondisi mobil juga jadi adem dan dapat menstabilkan suhu agar tidak overheat alias panas berlebih.

 

  • Filter Bahan Bakar Tersumbat

Mogoknya mobil bisa juga terjadi kalau bahan bakar tersumbat, otomatis mobil tidak bisa melaju. Cek apakah filternya tersumbat. Biasanya disebabkan adanya kontaminasi saat penambahan bensin. Segera ganti filter bahan bakar yang ada di dekat blok mesin mobil jika memang bensinnya tersebut.

Setelah mengetahui apa saja faktor penyebab mobil mogok, semestinya Anda bisa mengantisipasinya. Intinya, rajinlah melakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala. Kalau itu dilakukan, maka mobil mesinnya tahan lama, niscaya terhindar dari mimpi buruk mobil mogok mendadak.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top