Perhatikan Hal Ini Jika Membeli Mobil Second!

Membeli Mobil Second – Menjadikan mobil bekas sebagai pilihan nampaknya belakangan tak lagi jadi “aib”. Banyak orang kini dengan enteng membeli mobil seken. Tentu alasannya beragam. Mulai dari soal budget, perkara selera, kepentingan koleksi, menyasar kemampuan dan fungsi tertentu, hingga sekadar menggilai sebuah merek atau jenis tertentu. 

Apapun alasan memilih mobil bekas, ada satu hal yang tak boleh dianggap sepele, yaitu: membeli mobil bekas butuh lebih banyak persiapan, perhatian, dan pemeriksaan khusus dibanding membeli mobil baru! Apalagi jika sudah menyangkut soal mesin, membeli mobil bekas bisa jadi perkara serius. 

Membeli Mobil Second

Harus disepakati bersama bahwasannya tidak semua mobil bekas masih memiliki mesin dengan kondisi prima. Banyak terjadi nasib pembeli berakhir dengan tragis lantaran mesin mobil bekas yang diboyongnya amburadul. Setelah beberapa saat membeli, banyak saja ditemukan permasalahan pada mesin mobil bekas yang dibeli. Seperti  mesin bersuara keras, mesin mudah panas, dan problem lainnya.   

Melakukan Overhaul

Nah, bagaimana menyiasati problema tersebut? Tak ada pilihan selain lakukan overhaul. Tindakan ini guna guna memastikan kondisi mesin mobil bekas tersebut dalam keadaan normal dan bisa segera digunakan sehari-hari. Overhaul akan menjawab  problem  terutama munculnya asap hitam atau keluarnya suara aneh dari dalam mesin.  

Overhaul adalah tindakan teknis dan mekanis yang dilakukan dengan cara membongkar mesin dan memeriksa seluruh komponen. Usai menemukan sumber masalah pada mesin, maka akan segera bisa ditentukan langkah perbaikannya. Berdasarkan pengalaman, persoalan mesin mobil bekas terbanyak adalah berasal dari ring pyaniston, batang piston, silinder blok mesin, poros engkol, dan sistem pengabutan.  

Overhaul umumnya dilakukan terhadap  mobil dengan usia di atas lima tahun. Namun sering ditemui mobil yang usianya lebih dari lima tahun dengan kondisi mesin masih sehat dan belum pernah melakukan overhaul. Hal itu bisa terjadi karena tak pernah alpa untuk melakukan servis rutin. Untuk mobil seken dengan kondisi ini, cukup lakukan servis ringan, seperti  tune-up, ganti busi dan filter udara, dan pengecekan kampas rem, radiator, aki, oli, dan sebagainya. 

Setelah overhaul, agar mobil seken tetap awet dan terus dalam kondisi prima, maka pemilik harus berani memanjakannya. Salah satu bentuk kemanjaan yang diidamkan mesin mobil adalah penggunaan pelumas terbaik. Gunakan pelumas berkualitas yang mengerti kebutuhan mesin guna menjaga dan mempertahankan kinerja primanya.  

Mengganti Pelumas Berbahan Ester

Disarankan menggunakan pelumas berbahan ester yang mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran. Bahan ester dapat ditemukan dalam oli X-TEN. Kemampuan bahan ester memproteksi mesin mampu meminimalkan terjadinya keausan mesin akibat gesekan. Penggunaan oli X-Ten dalam jangka waktu panjang, menyebabkan tingkat keausan mesin rendah sekitar di angka 5-10 persen saja, sehingga mesin tetap adem, tetap bersih, bertenaga, hemat bahan bakar serta tarikan mesin entenya tahan lama

Tak hanya itu, penggunaan oli X-Ten berbahan ester selain menjadikan tarikan mesini entengnya tahan lama juga bikin mesin tahan lama. Hal ini karena Oli X-TEN mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas, sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi. Penggunaan oli bermutu ini menghindari mobil seken gampang mogok dan mesin tetap dalam kondisi prima serta tahan lama.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top