Ini Alasan Kenapa Airbag Hanya Sekali Pakai

Kenapa Airbag Hanya Sekali Pakai – Selain sabuk pengaman atau seatbelt, airbag menjadi salah satu teknologi yang disiapkan dalam mobil guna melindungi pengendara saat terjadi benturan keras pada sebuah situasi kecelakaan di jalan. Dengan teknologi ini, dapat meminimalisir efek dari kecelakaan. 

Teknologi yang dikembangkan pada airbag adalah ketika terjadi benturan keras, sensor mobil akan mengirimkan sinyal dan membuat kawat mekanisme kantung udara menjadi panas. Kemudian hasil panas tersebut menghasilkan sejumlah gas nitrogen yang mengisi airbag dan sepersekian detik kantung udara akan mengembang untuk melindungi daerah tubuh yang vital seperti kepala, leher, dan dada. 

Setelah mengembang dan menjaga benturan, airbag perlahan akan mengempis dikarenakan nitrogen yang ada di dalam kantong udara mulai keluar perlahan. Gas nitrogen yang keluar dari airbag tidak berbahaya bagi tubuh ataupun saat terhirup oleh manusia, karena nitrogen menyumbang sekitar 78% komposisi udara yang biasa kita hirup sehari-hari. Nitrogen juga berperan menjaga airbag agar tidak lengket ketika masih terlipat di dalam konsolnya.  

Kenapa Airbag Hanya Sekali Pakai

Alasan Airbag Hanya Berfungsi Sekali Saja

Walau keberadaanya sangat vital demi menjaga keselamatan pengendara, airbag hanya dapat berfungsi  satu kali saja. Setelah mengembang akibat benturan, airbag harus diganti, karena tidak bisa diperbaiki untuk dipakai ulang dengan cara apapun. Proses penggantian airbag biasanya memakan waktu 3-4 hari, lantaran juga harus memperbaiki seluruh  komponen kelistrikan lainnya, termasuk sensor dan modulnya.  

Tidak hanya seusai mengalami benturan, airbag juga harus diperiksa dan bila perlu melakukan penggantian setelah mobil terendam banjir. Air yang masuk ke dalam mobil bisa merusak komponen kelistrikan airbag yang menyebabkan korsleting. Ditakutkan, kondisi ini akan menyebabkan airbag gagal berfungsi saat terjadi benturan akibat kecelakaan.

Mengingat fungsi vitalnya menjaga keselamatan pengendara saat terjadi benturan akibat kecelakaan, disarankan untuk memeriksa kondisi airbag berbarengan dengan masa servis rutin yang telah ditentukan. 

 

Jangan Hanya Periksa Kondisi Airbag, Periksa Juga Kondisi Mesin!

Selain memeriksa kondisi airbag, bagi Anda yang kerap melakukan perjalanan jarak jauh melewati medan berat, disarankan juga untuk memperhatikan kelengkapan kendaraan dan menjaga performa mesin agar tetap prima dan stabil. Upaya ini wajib dilakukan guna menghindari kecelakaan akibat kondisi mesin yang tak prima.  

Biasanya, saat berkendara jarak jauh, mesin akan menjadi panas dan tarikan mesin menjadi berat. Untuk menghindari hal ini, upayakan menggunakan oli mesin  berbahan ester yang mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran, sehingga mesin tetap adem, bersih, bertenaga, hemat bahan bakar serta mesin entengnya tahan lama

Bahan ester dapat ditemukan dalam Oli X-TEN. Bahan ester yang terdapat pada Oli X-TEN membantu menjaga tingkat keausan mesin hanya 5-10% sehingga tarikan mesin entengnya tahan lama walau dipakai untuk berkendara jarak jauh. X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas. Sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat suhu mesin naik. Yuk segera ganti oli Anda dengan oli berkualitas dari X-TEN, biar tarikan mesin entengnya tahan lama.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top