Begini Cara Mengatasi Saat Mobil Overheat

Cara Mengatasi Saat Mobil Overheat – Salah satu “penyakit” yang paling disebelin pemilik mobil adalah Overheat alias panas mesin yang berlebihan. Karena dalam kondisi ini, terkadang pemilik mobil harus merogoh kocek cukup dalam bahkan hingga kita dibuat bokek olehnya.

Bagaimana tidak, dalam kondisi mobil sering overheat, si pemilik terkadang harus dipaksa mengganti beberapa sparepart mesinnya agar kondisi overheat pada mobil bisa kembali normal. Kalau tidak, kondisi akan semakin parah, bahkan mesin mobil bisa mati mendadak karena mesin overheat.

Cara Mengatasi Saat Mobil Overheat

Malas Ganti Oli

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab mobil mengalami overheat alias cepat panas. Salah satu faktur ini, terkadang malah disebabkan oleh kemalasan kita mengganti oli.

Sebab ada sebagian orang yang malas ke bengkel untuk sekadar mengganti oli, sehingga akhirnya beban kerja mesin jadi semakin berat sementara peran oli sebagai salah satu bagian untuk meringankan kinerja mesin justru fungsinya berkurang atau bahkan tidak ada sama sekali.

Dan akhirnya gesekan pada mesin yang berlebih, membuat mesin jadi cepat panas atau istilah teknisnya overheat. Dan seperti yang dikatakan di atas bahwa jika kita hendak memperbaiki kondisi mobil yang mengalami overheat maka akan membutuhkan biaya cukup besar.

Mengapa demikian? Untuk Anda ketahui bahwa fungsi oli adalah melindungi permukaan komponen mesin dari gesekan, melumasi gesekan antar komponen, dan berkontribusi menjaga suhu mesin tetap normal.

Dalam kondisi oli yang baik, semua fungsi ini bisa berkerja pada mesin. Masalahnya oli itu punya masa pemakaian, dalam arti jika di dalam kemasan oli itu tertera oli dapat digunakan hingga jarak 5000 kilometer, maka setelah jarak tersebut fungsi-fungsi dalam oli tersebut akan menurun. Bahkan ada yang sebelum jangka tersebut, fungsi oli sudah menurun sehingga oli pun harus diganti.

Namun jika Anda malas menggantinya, mesin jadi tidak terlindungi lagi. Seluruh bagian mesin akan saling bergesekan tanpa pelumasan lagi, dan kian hari gesekan akan semakin kencang dan gesekan itu menimbulkan panas. Itulah mengapa kemudian mesin mengalami overheat.

Selain itu, salah satu fungsi lain dari oli adalah meredam panas dalam mesin. Sehingga kalau kualitas olinya jelek, maka fungsi pendinginan itu tak bekerja. Akibatnya, mesin jadi overheat.

Pakai Oli Berkualitas, Jangan Yang Abal-Abal

Karena itulah perlu secara rutin dilakukan pergantian oli. Tapi ingat jangan asal ganti oli, perlu ganti oli dengan oli berkualitas dan bukan oli abal-abal. Selain itu, pastikan juga oli mesin yang Anda gunakan sesuai spesifikasi mesin mobil Anda, jadi tidak bisa asal gantgi oli saja. Sebaiknya tanya mekanik bengkel Anda untuk memastikan itu.

Kalau Anda belum punya bengkel langganan, mungkin ada baiknya Anda mampir ke Mobeng yang punya layanan prima untuk Anda. Di bengkel ini, Anda bisa mengganti oli Anda bonus dengan service ringan gratis dan yang paling penting Anda bisa mendapatkan oli berkualitas merek X-TEN.

Mengapa harus X-TEN, karena oli ini memiliki banyak sekali keunggulan dibandingkan oli lain. Salah satunya oli ini mengandung bahan oli kualitas tertinggi yang bernama ester. Untuk diketahui, ester ini adalah salah satu bahan oli yang biasa digunakan oleh motor atau mobil milik para pembalap.

Ester ini digunakan untuk menunjang motor para pembalap dalam kondisi selalu prima meski mesinnya bekerja sangat ekstra keras. Ester ini sangat berkualitas dan tahan terhadap panas serta penguapannya juga rendah. Itu sebabnya komponen dalam mesin mobil Anda akan sangat terjaga dari gesekan yang berlebihan. Efeknya mesin Anda tak akan mengalami overheat.

Kemampuan ini yang tidak akan Anda temukan dalam oli mesin biasa. Sebab kebanyakan oli mesin lain tidak didesain untuk menahan panas dan bertahan pada kondisi mesin yang bekerja secara abnormal.

Namun oli berkualitas dari X-TEN, merupakan pelumas hasil inovasi terbaru yang diciptakan secara khusus untuk memberikan performa kendaraan yang maksimal dan mampu menjawab keresahan konsumen soal mobil overheat. Sebab X- TEN memiliki formulasi khusus dengan Base Oil Tertinggi bernama ester tadi.

Tak hanya sekadar bisa bikin suhu mobil stabil dan menghindari keausan akibat gesekan berlebih pada komponen mesin mobil,oli ester dari X-TEN ini juga olinya tahan lama yakni bisa mencapai jarak 15000 kilometer, padahal oli lain tak sampai sejauh itu.

Selain itu oli ester ini juga mampu membersihkan komponen mesin dari kerak-kerak sisa pembakaran pada ruang oli, sehingga mesin pun jadi entengnya tahan lama. Jadi tak hanya olinya tahan lama, tapi juga tarikan mesin jadi entengnya tahan lama.

Jadi seperti pepatah mencegah lebih baik dari mengobati, segera ganti oli Anda dengan oli berkualitas dari X-TEN untuk bikin tarikan mesin entengnya tahan lama dan bikin mesin tahan lama juga.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top