Begini 5 Etika Saat Mengendarai Mobil

5 Etika Mengendarai Mobil, Apa Saja?

Etika Saat Mengendarai Mobil – Pernah kesal karena ada mobil yang mengklakson terus menerus? Atau ada orang yang buang sampah sembarangan dari mobil? Pastinya. Selama di jalan kita akan bertemu dengan aneka jenis pengendara. Ada yang paham etika, ada pula yang tidak. 

Berkendara dengan mobil di jalan raya artinya kita berinteraksi dengan pengendara lain, secara tidak langsung. Artinya, berkendara pun ada etikanya. Etika memang tidak selalu diajarkan di sekolah mengemudi. Dan tidak termasuk dalam peraturan lalu lintas. Namun ada bagusnya apabila sesama pengendara paham etika, sehingga berkendara bisa lebih aman dan nyaman.

Etika Saat Mengendarai Mobil

Apa saja etika dalam mengendarai mobil?

  • Gunakan klakson sewajarnya

Hindari membunyikan klakson secara berlebihan. Fungsi klakson adalah untuk memberi peringatan atau aba-aba bagi sesama pengemudi atau pengguna jalan. Tidak perlu membunyikan berulang-ulang dan kencang. 

Kadang ada yang membuat modifikasi klakson menyerupai sirine, yang menarik perhatian banyak orang. Tentu ini mengganggu sekitar. Ketika melewati komplek perumahan yang sepi di malam hari, sebaiknya membunyikan klakson pun pelan saja dan seperlunya agar tidak merusak ketenangan.

 

  • Beri ruang gerak bagi kendaraan lain

Saat ingin melaju dengan kecepatan lambat, sebaiknya menepi. Berikan ruang bagi kendaraan lain untuk mendahului Anda. Jangan mengendara di tengah-tengah jalan sehingga menghalangi kendaraan lain. Berkendara dengan tenang, kecepatan stabil, bukan ugal-ugalan atau zig zag. Hindari berhenti mendadak, sebab membuat pengendara lain terkejut dan melakukan rem mendadak, yang berbahaya bagi sekitar.

 

  • Pastikan mobil dalam kondisi baik

Sebelum berangkat, pastikan mesin mobil dalam kondisi baik. Lakukan perawatan berkala seperti ganti oli, agar mesinnya tahan lama. Dengan begitu Anda terhindar dari mogok mendadak di tengah jalan, yang pastinya mengganggu kelancaran lalu lintas. 

 

  • Hindari aksesori berlebihan

Stiker yang memenuhi mobil, termasuk kaca, jika ditempel berlebihan, akan mengganggu pengendara sendiri. Otomatis juga mengganggu kelancaran lalu lintas. Aksesori lain seperti sound system dengan suara menggelegar yang dipasang saat berkendara pun menjadi tidak etis. Usahakan memakai aksesori mobil dalam batas normal. Tidak membuat Anda menjadi pusat perhatian sekitar karena pengendara lain terganggu dan tak bisa berkendara secara fokus.

 

  • Jaga kebersihan sekitar

Membuang sampah sembarangan, meludah ke luar jendela, atau bahkan muntah, merupakan tindakan yang sangat mengganggu pengendara lain. Bahkan bisa menyebabkan kecelakaan apabila sampah yang dibuang justru mengenai kaca mobil lain. 

Sediakan tempat sampah, atau kantong plastik untuk meludah atau muntah. Jagalah kebersihan jalan raya walaupun itu bukan milik Anda. Sebab jalan raya adalah fasilitas umum yang sebaiknya dijaga bersama agar lalu lintas berjalan lancar, nyaman, dan aman.

 

Tips-tips tadi semestinya cukup mudah dilakukan, bahkan sebaiknya sudah menjadi gaya hidup sehari-hari. Jangan lupa selalu lakukan perawatan berkala kendaraan Anda agar mesinnya tahan lama. Salah satunya adalah mengganti oli secara berkala dengan oli berkualitas seperti oli X-TEN.

Dengan kandungan ester, X-TEN akan memproteksi mesin mobil Anda dari gesekan yang berlebihan. Selain itu oli X-TEN juga akan membuat panas mesin Anda tetap stabil dan tarikan mesin Anda entengnya tahan lama. Dengan menggunakan oli berbahan ester ini yang punya daya cleansing yang baik, bikin mesin tahan lama. 

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top