Alat-Alat Yang Wajib Ada Di Mobil Anda!

Alat-Alat Yang Wajib Ada Di Mobil – Bagi pengendara mobil, mogok mungkin jadi salah satu momok paling menakutkan. Apalagi bagi pengendara yang kerap melakukan perjalanan jauh atau berpergian hingga ke luar kota. Akibat mogok, semua rencana perjalanan atau pekerjaan jadi berantakan. Tentu  Anda tak mau berada dalam kondisi ini bukan?

Untuk menghindari mogok, sebelum melakukan perjalanan Anda harus melakukan pemeriksaan terhadap komponen mesin dan juga kelistrikan. Ada baiknya juga dilakukan pemeriksaan menyeluruh, mulai dari bodi, ruang mesin, hingga bagian kabin. Pemeriksaan menyeluruh ini tentu guna menghindari mogok dan mengurangi risiko kecelakaan demi menjaga keselamatan pengemudi, penumpang serta barang yang diangkut. 

Alat-Alat Yang Wajib Ada Di Mobil

Selain hal di atas, pengendara juga wajib melengkapi mobilnya dengan perangkat peralatan keselamatan darurat (safety kit).  Perangkat keselamatan darurat yang wajib tersedia adalah: 

  1. Segitiga pengaman lengkap dengan rak penyangga agar bisa didudukan di tempat yang tidak rata. Segitiga pengaman berfungsi  sebagai petunjuk kepada kendaraan lain saat Anda mengalami kondisi mogok atau hal kedaruratan lain.  
  2. Untuk melengkapi segitiga pengaman, Anda juga harus menyimpan rompi keselamatan di mobil. Rompi harus berwarna terang dan bersifat fluoresensi agar mudah terlihat di tempat gelap. Rompi juga akan lebih baik jika dilengkapi  dengan reflektor, yang bisa memantulkan cahaya dalam kondisi gelap. 
  3. Mengantisipasi kondisi darurat saat malam, Anda harus selalu membawa senter di kendaraan. Senter berguna untuk membantu memeriksa mesin atau  komponen kendaraan lainnya yang bermasalah. Agar tak kesulitan jika baterai senter melemah, wajib juga membawa baterai senter cadangan dalam perangkat keselamatan darurat di mobil Anda. 
  4. Ban adalah bagian terpenting dari mobil. Pastikan selalu membawa ban serep untuk mengantisipasi ban bocor saat di jalan. 
  5. Bukan hanya ban, alat teknis lainnya yang wajib ada di mobil adalah dongkrak dan kunci roda. Kedua alat ini  sangat membantu ketika ingin mengganti ban. Jika tidak ada keduanya, akan sulit mengganti ban saat ban mobil bocor.
  6. Kabel jumper alat teknis penting yang wajib ada di mobil. Alat ini berguna saat keadaan mobil mogok yang disebabkan oleh aki mobil yang sudah tidak berfungsi. Saat mobil mogok, Anda bisa menggunakan teknik jumper dengan cara mengalirkan listrik dari baterai lain ke baterai aki yang telah soak tadi agar terisi kembali, sehingga mobil dapat distarter kembali. Jadi, pastikan untuk membawa alat ini.
  7. Smartphone sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Alat komunikasi yang satu ini dapat membantu menemani perjalanan ataupun memandu rute perjalanan dengan menggunakan GPS. Guna mendukung daya tahan baterai smartphone maka wajib menyediakan car charger dalam mobil. 
  8. Perlengkapan P3K merupakan perlengkapan yang wajib ada  dalam mobil. Hal ini berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009 yang menyebutkan bahwa P3K merupakan perlengkapan yang wajib ada dalam mobil. Perlengkapan P3K yang dimaksud antara lain kapas, peniti, pinset, kasa gulung, kasa steril, cairan antiseptic, gunting, parasetamol, plester rolls, tissue antiseptic, sarung tangan, senter, selimut ringkas, dan kompres instan. Perlengkapan ini akan sangat berguna jika Anda atau penumpang dalam mobil merasa sakit atau menjadi pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan.

 

Selain membawa perangkat keselamatan darurat, Anda perlu menjaga daya tahan mesin agar mobil tak mudah mogok. Guna menjaga daya tahan mesin, harus memilih penggunaan  pelumas yang tepat. 

Pilih oli berkualitas yang mengerti kebutuhan mesin guna menjaga dan mempertahankan kinerja primanya. Disarankan menggunakan oli berbahan ester yang tak mudah beku dan mampu membantu mesin untuk tetap bekerja optimal.

 Pelumas yang memiliki kemampuan terbaik seperti ini adalah oli berbahan ester seperti yang terdapat dalam oli X-TEN. Bahan ester mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran sehingga bikin mesin tahan lama. 

Kemampuan bahan ester memproteksi mesin mampu meminimalkan terjadinya keausan mesin karena gesekan. Penggunaan oli X-Ten dalam jangka waktu panjang, menyebabkan tingkat keausan mesin rendah sekitar di angka 5-10 persen saja, sehingga mesin tetap adem, tetap bersih, bertenaga, hemat bahan bakar dan bikin mesin tahan lama.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top