4 Penyebab Mobil Bersuara Kasar

Penyebab Mobil Bersuara Kasar – Mobil dengan kondisi sempurna dengan bodi mulus dan mesin prima menjadi idaman setiap pemilik kendaraan. Guna mencapai kesempurnaan itu tak ada cara lain selain dengan teliti melakukan pengecekan semua komponen mobil dan rutin melakukan servis berkala. 

Khusus untuk mesin mobil, perlu diantisipasi keadaan di mana mesin mulai “bertingkah” dengan mengeluarkan suara-suara aneh, berisik, dan kasar, yang  tentu saja mengganggu kenyamanan berkendara.  Saat menemukan suara-suara aneh keluar dari mesin, Anda tak perlu panik. Tak perlu pula sembarangan mengira-ngira penyebabnya. Anda hanya perlu memeriksa beberapa komponen mesin atau bagian mobil yang biasanya kerap menjadi penyebab suara aneh. Bagian mana yang harus diperiksa: 

 

Penyebab Mobil Bersuara Kasar

  1. Fanbelt

    Belt atau kerap disebut tali kipas mobil berfungsi menghubungkan antara pull komponen mesin dengan pull lainnya. Tali ini juga menghubungkan putaran kipas radiator dengan kompresor AC dan alternator. Ciri-ciri atau tanda tali kipas bermasalah adalah timbulnya suara kasar pada mesin mobil saat digas. 

    Penyebab masalah ini biasanya adalah adanya kotoran yang menyumbat, kondisi komponen yang kering, atau tali kipas mulai mengendur hingga ukurannya tak lagi sesuai dengan pull. 

  2. Kompresor AC Mobil

    Komponen ini sering menjadi penyebab utama dan satu-satunya yang menjadikan suara mesin mobil jadi kasar. Biasanya, komponen ini akan menimbulkan suara berisik dan kasar jika olinya sudah mulai habis. Penyebab lain rewelnya AC mobil adalah akibat permasalahan klasik, seperti banyaknya kotoran yang menyumbat di bagian dalam. Ada baiknya membawa mobil Anda ke bengkel servis AC untuk melakukan flushing serta pembongkaran untuk melihat kondisi komponen di dalamnya.

  3. Celah Katup Mesin

    Walau terkesan sederhana, ukuran celah pada katup mesin kerap menjadi hal vital. Celah katup yang terlalu rapat atau terlalu longgar akan menimbulkan suara kasar pada mesin mobil. Pada umumnya, katup mesin memiliki celah dengan ukuran 0,2-0,3 mm. Namun, semakin tinggi frekuensi penggunaan kendaraan celah ini bisa longgar dan menyebabkan bunyi seperti logam bergesekan, karena batang katup saling bergesek dengan rocker arm. Hal yang sama juga terjadi jika celahnya terlalu rapat, nantinya akan terdengar bunyi kasar akibat batang katup terlalu menekan bagian katup lainnya.

  4. Oli Mesin

    Selain penyebab di atas, faktor oli mesin mungkin jadi yang paling vital dan paling sensitif. Volume oli yang sudah menipis atau oli dengan kondisi buruk tentu tidak akan melumasi mesin secara sempurna sehingga tak mampu melapisi gesekan yang terjadi antar logam dengan sempurna. Kondisi ini jelas akan menyebabkan suara mesin jadi kasar. Anda wajib memeriksa oli mesin secara rutin untuk memastikan jumlah olinya cukup tersedia dan dalam kondisi baik. Kewajiban lainnya adalah memilih oli mesin mobil yang terbaik. Gunakan oli mobil berkualitas yang mengerti kebutuhan mesin guna menjaga dan mempertahankan kinerja primanya.  

    Disarankan menggunakan pelumas berbahan ester yang mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran. Bahan ester dapat ditemukan dalam oli X-TEN. Kemampuan bahan ester memproteksi mesin mampu meminimalkan terjadinya keausan mesin karena gesekan. Penggunaan oli X-Ten dalam jangka waktu panjang, menyebabkan tingkat keausan mesin rendah sekitar di angka 5-10 persen saja, sehingga mesin tetap adem, tetap bersih, bertenaga, hemat bahan bakar dan tarikan mesin entengnya tahan lama. 

    Selain itu, penggunaan oli X-Ten berbahan ester selain menjadikan tarikan mesin  entengnya tahan lama juga mampu bikin mesin tahan lama. Karena oli X-TEN mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas dan membuat performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi. Penggunaan oli berkualitas ini akan menghindari mesin mobil mengeluarkan suara-suara aneh yang membuat Anda semakin nyaman dalam perjalanan. 

    Jadi tunggu apalagi, ayo ganti oli Anda dengan oli berkualitas merk X-TEN karena oli berbahan ester ini akan membuat tarikan mesin entengnya tahan lama dan bikin mesin tahan lama juga.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top