4 Komponen Mobil Yang Bikin Aman Dan Nyaman

Komponen Mobil Yang Bikin Aman Dan Nyaman – Sebelum melakukan perjalanan, hal pertama yang harus diingat saat mulai menyalakan mesin kendaraan adalah memperhatikan semua indikator pada panel. Jangan anggap remeh apabila menemukan salah satu lampu indikator panel menyala, yang berarti ada satu komponen kendaraan berada dalam kondisi buruk. Pengendara harus segera memeriksa komponen bermasalah ini agar berkendara tetap aman dan nyaman.

Setelah semua indikator pada panel dinyatakan aman, pengendara juga wajib melakukan pengecekan terhadap sejumlah komponen mobil yang penting. Pemeriksaan komponen ini tak memakan waktu lama. Anda hanya harus meluangkan waktu lima sampai 10 menit saja. Walau singkat, pemeriksaan yang dilakukan dengan seksama akan menentukan kelancaran perjalanan. 

Komponen Mobil Yang Bikin Aman Dan Nyaman

Adapun sejumlah komponen yang harus diperiksa adalah:

  1. Oli Mesin

Pengukuran terhadap pelumas mesin ini sangat penting. Perhatikan ketinggian oli melalui batang serta lihat juga kondisi oli tersebut, sudah mengencer atau masih dalam kondisi yang baik. Jika kondisi oli berkurang, lakukan penambahan oli agar performa mesin tetap terjaga dan tidak terjadi overheat pada bagian tersebut. Oli mesin berfungsi mengurangi gesekan logam saat mesin bekerja. Karenanya harus memilih oli berkualitas yang mampu memproteksi mesin dan meminimalisir terjadinya keausan mesin karena gesekan. Pilih pelumas yang mengerti kebutuhan mesin guna menjaga dan mempertahankan kinerja primanya.  

Pelumas yang memiliki kemampuan terbaik seperti ini adalah pelumas berbahan ester seperti yang terdapat dalam oli X-TEN. Bahan ester mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran. Kemampuan bahan ester memproteksi mesin mampu meminimalkan terjadinya keausan mesin karena gesekan.

Penggunaan oli X-Ten dalam jangka waktu panjang akan menyebabkan tingkat keausan mesin rendah sekitar di angka 5-10 persen saja, sehingga mesin tetap adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat bahan bakar. Penggunaan oli X-Ten berbahan ester menjadikan tarikan mesin juga menjadi entengnya tahan lama. Oli X-TEN juga mempunyai ketahanan tinggi terhadap panas, sehingga performa mesin kendaraan tetap baik pada saat temperatur mesin tinggi. Penggunaan oli terbaik ini akan membantu mesin segera bekerja optimal walau mobil lama tak dinyalakan. 

 

  1. Minyak dan  Air 

Periksa minyak rem, minyak power steering, air radiator dan air wiper. Perhatikan volume masing-masing komponen tersebut dan usahakan berada pada batas maksimal yang dianjurkan oleh pembuat mobil.

 

  1. Aki Mobil

Aki adalah sumber utama energi untuk menghidupkan mesin dan seluruh kelistrikan kendaraan. Karena fungsinya yang demikian vital, maka Anda harus memastikan kondisi aki dalam keadaan baik. Problem dari aki biasanya pada kabel yang renggang atau lepas dari terminal aki. Selain itu, aki yang masa pakainya sudah lewat dapat memicu kinerja mesin jadi kurang optimal.

 

  1. Lampu

Pastikan semua lampu-lampu mobil dalam keadaan menyala, termasuk lampu sein dan lampu interior. Saat menyalakan mesin, Anda harus menyalakan semua lampu yang ada pada mobil. Jika salah satu padam, segera ganti bola lampu dengan yang baru. Pastikan semua lampu tersebut menyala dan berfungsi dengan baik, terlebih jika Anda berencana melakukan perjalanan malam hari.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top