4 Alasan Knalpot Menjadi Bagian Penting Mobil

Alasan Knalpot Menjadi Bagian Penting – Walau tak melulu menjadi spotlight atau pusat perhatian, faktanya knalpot ternyata menjadi bagian penting mobil. Coba simak beberapa fungsinya:

Alasan Knalpot Menjadi Bagian Penting

  1. Meredam suara ruang bakar

Pada saat udara bercampur dengan bahan bakar di ruang bakar akan muncul ledakan yang memekakan telinga. Knalpot berfungsi meredam suara memekakan ini dengan merilisnya ke udara lewat tabung knalpot.

 

  1. Meningkatkan Tenaga 

Walaupun tidak pasti, namun knalpot memiliki potensi bisa meningkatkan tenaga pada kendaraan. Tapi cara ini berfungsi dengan maksimal jika knalpot dibuat dengan tepat dan penambahan bahan yang sesuai. Karena knalpot perlu disesuaikan dengan mesin.

 

  1. Menjadi Aksesoris 

Knalpot yang dimodifikasi ukuran dan bentuknya akan mempercantik kendaraan.  Kesesuaian desain knalpot dengan keseluruhan kendaraan menjadi poin penting, sehingga banyak pemilik kendaraan memesan secara custom agar sesuai dengan seleranya.

 

  1. Mengurangi Polusi Udara 

Sisa pembakaran mengandung karbondioksida yang dilepaskan ke udara. Kandungan ini sangat berbahaya untuk lingkungan dan menjadi sumber polusi. Mengurangi polusi ini, knalpot kini  dilengkapi teknologi catalytic converter yang fungsinya mengkonversi karbon dari sisa pembakaran. Dengan seperti itu di setiap kendaraan agar bisa digunakan lebih efisien dan mengurangi polusi udara. 

Namun, karena letaknya berada di kolong mobil dan jauh dari titik perhatian, terkadang pemilik kendaraan alpa memeriksa kondisi knalpot. Padahal bisa saja knalpot rusak dan terjadi kebocoran karena telah melewati usia pakai. Kebocoran bisa disebabkan usia dan korosi yang membuat pipa knalpot retak hingga bolong. Untuk mengetahui telah terjadi kebocoran pada knalpot dapat terdeteksi dari beberapa tanda. Paling mudah adalah dengan mendengar suaranya. Jika knalpot  mengalami kebocoran, suara yang dihasilkan tak lagi terdengar sempurna, melainkan menjadi bising. Semakin parah kebocoran, maka suara yang terdengar semakin mememakan telinga. 

Tanda berikut yang menunjukan telah terjadi kebocoran pada knalpot adalah penggunaan bahan bakar menjadi boros. Knalpot yang bocor biasanya membuat performa mesin mobil menurun drastis. Penurunan performa ini membuat putaran mesin stuck  di rpm rendah sehingga untuk mendorong mesin mencapai tingkat kecepatan tinggi harus harus menginjak pedal gas lebih dalam yang otomatis meningkatkan penggunaan bahan bakar.  

Tanda lain telah terjadi kebocoran pada knalpot ini paling mudah dikenali, yaitu tercium bau asap di kabin akibat masuknya masuknya gas Co2. Lantaran gas ini sangat halus dan seringkali tidak disadari keberadaannya, banyak yang mengira bau asap berasal dari luar mobil. 

Kondisi ini sangat berbahaya, sebab selain menimbulkan rasa kantuk, gas karbon yang berasal dari kebocoran knalpot dapat menyebabkan sesak napas yang berujung hilangnya kesadaran. Maka dari itu apabila kebocoran knalpot mobil sudah terdeteksi, pemilik mobil disarankan untuk segera memperbaikinya.

Nah, setelah memeriksa kondisi knalpot agar mobil tetap bersuara halus, tak boros bahan bakar, serta atmosfer kabin tetap segar dan wangi,  Anda  juga harus melakukan pemeriksaan dan perawatan mesin secara berkala guna lebih menjamin kenyamanan dan keamanan berkendara. Hal paling penting tentu saja dengan memastikan mesin mobil mendapatkan asupan pelumas atau oli mesin terbaik untuk menjaga performa mesin tetap mumpuni. 

Disarankan untuk menggunakan oli mesin berbahan ester, yang mampu memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga lebih hemat bahan bakar dan bikin mesin tahan lama.

Kandungan bahan ester digunakan dalam oli X-TEN. Penggunaan oli X-TEN  memproteksi mesin dari gesekan hingga tingkat keausan mesin hanya 5-10 persen. Oli X-TEN olinya tahan lama dibandingkan oli lainnya. Rata-rata penggantian oli X-TEN dilakukan saat motor menempuh lebih dari 5.000 KM atau mobil di atas 15.000 km, padahal oli lain hanya mampu menempuh jarak 2000-2500 pada motor dan 5000 – 10000 kilometer pada mobil.. 

Oli Ester milik X-TEN ini juga membersihkan bagian-bagian mesin dari kerak-kerak sisa pembakaran sehingga bikin mesin tahan lama dan tarikan mesin entengnya tahan lama.

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top