3 Alasan Harus Ganti Oli Mobil Secara Rutin

Alasan Harus Ganti Oli Mobil – Kebiasaan bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH) belakangan ini membuat banyak mobil menganggur di rumah. Ada bagusnya, mobil jadi awet dan selalu bersih. Hemat bahan bakar pula. Namun yang namanya perawatan mobil tetap wajib dilakukan, lho. Bahkan perawatan berkala seperti ganti oli, harus terus dijalankan kendati mobil lebih banyak diam di garasi. 

Seperti kita tahu, ganti oli secara berkala bikin mesin tahan lama. Secara teori, ganti oli dilakukan sesuai jarak tempuh mobil. Pada oli berkualitas seperti oli X-TEN, pergantian oli bisa dilakukan jika sudah mencapai 15.000 kilometer. 

 

Alasan Harus Ganti Oli Mobil

Lantas, kenapa kita tetap harus melakukan ganti oli walaupun mobil jarang dipakai? Ada beberapa alasan tentunya. Berikut alasannya:

  • Agar tidak berkarat

Sekilas dari luar mobil nampak baik-baik saja. Dalam kondisi diam pun, sebenarnya mobil butuh perawatan. Sebagian besar komponen mobil terbuat dari logam, yang jika dibiarkan tanpa perawatan akan berkarat. Inilah fungsi oli atau pelumas, agar logam tidak berkarat. 

Maka tetap lakukan rutinitas ganti oli kendati mobil jarang dipakai. Pilih oli berkualitas agar mobil Anda mesinnya tahan lama. Jangan lupa panaskan mobil sesekali, agar mesin tidak jadi dingin terlalu lama dan sulit dihidupkan saat dibutuhkan.

  • Agar mesin bersih

Kebersihan tidak hanya terbatas pada eksterior dan interior belaka, melainkan juga pada mesin. Salah satu fungsi pelumas adalah membersihkan mesin. Ketika mesin mobil dipanaskan, oli akan bersirkulasi, bagaikan menguras semua kotoran pada mesin mobil. Mulai dari kotoran sisa karbon pembakaran atau partikel logam yang dihasilkan dari gesekan. 

Semua kotoran itu akan dibawa ke penampung oli, disaring, lalu dikumpulkan. Mobil yang jarang dipakai, tetap saja menghasilkan kotoran-kotoran tersebut, yang kalau tidak dibersihkan dapat merusak mesin. Dengan memakai oli X-TEN yang berbahan ester, proses pembersihan secara otomatis akan dilakukan jika mesin dipansakan. Komponen-komponen ester pada oli X-TEN selain melindungi bagian mesin dari gesekan juga bisa mencegah keausan serta berfungsi mengikis kerak sisa-sisa pembakaran.

  • Agar mesin tetap dingin

Jarang dipakai bukan berarti tidak dipakai sama sekali, bukan? Saat WFH pun sesekali kita tetap memakai mobil untuk keperluan lain seperti belanja, jalan-jalan, atau kebutuhan mendesak lain. Berarti tetap terjadi gesekan antar komponen mesin ketika mobil dipakai. Gesekan ini memicu panas pada mesin, yang kalau tidak diberi oli berkualitas maka bisa mengakibatkan kerusakan. 

Suhu panas juga terjadi pada pembakaran di ruang mesin. Di sini oli berfungsi sebagai pendingin komponen mesin, karena menyerap panas. Jadi ketika mobil dipakai tidak terjadi overheat, sehingga mesinnya tahan lama. Dengan Anda menggunakan oli X-TEN berbahan ester, masalah Anda pun akan teratasi, sebab oli X-TEN tetap mampu bekerja walau mesin dalam kondisi panas. Apalagi penguapan oli X-TEN juga sangat kecil, sehingga olinya tahan lama dan bikin mesin tahan lama juga.

Jelas sudah kenapa Anda tetap harus melakukan ganti oli dengan oli berkualitas meski mobil Anda jarang dipakai. Jangan lupa untuk memilih oli yang berkualitas baik, sudah berstandar SNI dan JASO seperti oli X-TEN sehingga terjamin sebagai oli berkualitas. Selamat ber-WFH!

Tiffany Robertson

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top